Rumah Minimalis Gaya Jepang

Rumah Minimalis Gaya Jepang

Konsep Desain Rumah Minimalis Gaya Jepang

Kebanyakan gaya rumah minimalis Jepang di perkotaan sering kali mengandung karakteristik tradisional, seperti bak mandi atau pintu masuk berundak-undak. Demikian pula, banyak rumah bergaya Barat di Jepang memiliki satu ruang luas bergaya Jepang dengan lantai tatami. Elemen desain rumah tradisional Jepang yang menjadi inspirasi bagi para arsitek Barat, dapat ditemukan di seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa konsep arsitektur rumah Jepang.

 

Desain Gerbang Utama

Desain Gerbang Utama

Unsur utama gambaran batasan antara ruang publik dan privat pada arsitektur rumah Jepang dimulai pada gerbang atau pintu masuk utama sebuah properti. Pintu gerbang beratap gaya rumah Jepang ini memisahkan jalan dari tempat tinggal yang berkesan tertutup.

Pintu gerbang modern beratap juga merupakan adaptasi dari desain rumah Jepang, yang selalu menerapkan unsur garis vertikal atau horizontal pada sebagian besar desain pintu gerbangnya.

 

Batas Privasi

Batas Privasi

Privasi dari jalan dan rumah-rumah di sekitarnya dicapai melalui dinding pada batas lahan. Hal ini juga berlaku pada desain rumah minimalis Jepang. Beton blok adalah material yang paling umum digunakan untuk dinding rumah Jepang, baik di kota maupun desa, namun beberapa rumah besar banyak menggunakan dinding batu dengan perpaduan pagar kayu.

 

 Koleksi Gambar Rumah

 

Penggunaan Atap Besar Dan Lebar

Penggunaan Atap Besar Dan Lebar

Atap tradisional Jepang umumnya dirancang untuk mengalirkan aliran deras air hujan dari atap rumah. Bentuk atap luas dengan kantilever lebar memungkinkan penduduk membuka pintu sebagai ventilasi tanpa membiarkan air hujan masuk ke rumah. Desain rumah minimalis Jepang juga dapat mengadaptasi elemen pendukung ini.

 

 Rumah Desain

 

Beranda Yang Luas

Beranda Yang Luas
Beranda Yang Luas

Selain menghubungkan setiap ruang, beranda berupa lorong lebar dan panjang yang dikenal sebagai engawa menjadi pembatas antara ruang dalam dan luar. Beranda ini juga berfungsi untuk memaksimalkan cahaya dan udara di dalam rumah. Gaya rumah Jepang memanfaatkan banyak bukaan dan ruang outdoor untuk memaksimalkan penghawaan dan pencahayaan alami.

Arsitektur rumah Jepang umumnya berada pada lahan yang berorientasi utara-selatan, dengan kamar utama menghadap ke selatan, untuk memastikan sinar matahari yang stabil sepanjang hari. View sangat penting pada gaya rumah Jepang, idealnya pegunungan atau air, tetapi lebih sering taman. Pencahayaan alami dianggap sebagai karakteristik utama pada desain rumah Jepang.

 

 JagoProyek JagoDesain

 

Transisi Luar Dalam

Transisi Luar Dalam
Transisi Luar Dalam

Ruang transisi antara luar dan dalam, dalam arsitektur rumah Jepang disebut genkan, yang merupakan area untuk menerima pengunjung dan tempat mengganti sepatu dengan sandal rumah yang dilepas sebelum menginjak lantai tatami. Dengan fungsi ruang yang serupa dengan foyer, genkan biasanya memiliki rak atau kabinet yang disebut getabako yang digunakan untuk menyimpan sepatu serta benda dekoratif seperti keramik, bunga, atau karya seni. Area masuk ini juga memiliki tokonoma (ceruk) untuk menyimpan gulungan kertas kaligrafi dan karya seni lainnya, serta ikebana (rangkaian bunga tradisional).

 

Pintu Geser Dan Pembatas

Partisi tradisional Jepang disebut Shoji, dan ini merupakan elemen desain penting pada gaya rumah Jepang. Pintu geser Shoji ini dapat menghemat ruang dibanding kebanyakan pintu swing. Partisi atau pintu tradisional Jepang ini biasanya terbuat dari kertas halus tembus pandang yang terpasang dalam bingkai kayu. Namun, versi modern dari shoji kini banyak ditemukan dan biasanya terbuat dari panel kaca dalam grid kayu atau aluminium.

 

Unsur Kayu Dan Bambu

Salah satu cara terbaik untuk menyelaraskan dengan alam adalah dengan menambahkan elemen kayu alami ke dalam rumah Anda. Budaya Jepang dikenal dengan menggunakan elemen kayu di seluruh rumah mereka. Dinding, pintu, kisi-kisi screen, dan bingkai semua terbuat dari kayu alami. Bahkan, Anda bisa mengganti bahan screen dari bahan kain yang mengandung serat kayu atau bambu seperti gambar di atas. Anda bisa menambahkan unsur kayu pada lantai maupun langit-langit rumah Anda. Namun, unsur kayu tidak dibatasi hanya pada interior, tetapi juga finishing eksterior rumah minimalis Jepang.

 

Ruangan Serbaguna

Bagi Anda yang memiliki rumah mungil, jangan khawatir. Ruang yang fleksibel dan furniture yang mudah dipindahkan dapat diterapkan pada rumah-rumah kecil. Karena alas tidur tradisional (futon) dapat dilipat dan disimpan di lemari di siang hari, satu ruangan besar bisa digunakan untuk berbagai fungsi, misalnya untuk ruang duduk, makan, dan tidur. Atau, Anda bisa juga menggunakan partisi sekaligus pintu geser sehingga menyatukan ruang tidur dengan ruang keluarga.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi dalam desain rumah anda, salam sukses!

Arsitekonline Menawarkan Paket Desain Rumah Siap Bangun lengkap dengan Gambar 3D dan Rencana Anggaran Biaya nya. Proses desain dikerjakan secara ONLINE, artinya selama proses desain, komunikasi dilakukan via Telpon / SMS / WhatsAPP 0818182610

 

Ingin tau lebih banyak lagi tentang arsitek dan desain bangunan lebih dalam?? Mari tengok informasinya di website

 

Gambar foto Desain yang ada di website ini berasal dari berbagai sumber, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *