Filosofi Dan Estetika Membangun Rumah

Filosofi Dan Estetika Membangun Rumah

Nilai Estetika Dan Filosofi Dalam Membangun Rumah

Dalam membangun sebuah rumah tinggal memerlukan perencanaan yang sangat matang dan baik, oleh karena itu seseorang tidak di tuntut untuk dapat membangun rumah saja akan tetapi juga di tuntut untuk mengedepankan berbagai nilai nilai yang ada dalam proses membangun rumah. Seseorang yang membangun rumah secara tidak langsung berarti ia memiliki sebuah tanggung jawab untuk lingkungan nya yang menyangkut dengan unsur estetika dan filosofi.

 

Arsitektur Dalam Membangun Rumah

Sebuah bangunan yang indah tidak hanya mengedepankan nilai estetikanya saja, tapi juga memiliki nilai moral bagaimana sebuah bangunan dapat sesuai dengan kebudayaan yang berkembang di sekitar masyarakat tersebut. Begitu pula dengan nilai estetika dari sebuah rumah, estetika berarti keindahan. Keindahan dalam membangun rumah juga penting dan layak untuk di wujudkan secara nyata.

 

 Rumah Desain

 

Unsur filosofi biasanya berkaitan dengan adanya intervensi budaya pada sebuah bangunan, seperti adanya simbol, bentuk ornamen, dan desain tertentu pada sebuah bangunan sangat erat kaitan nya dengan budaya yang mewakili rumah tersebut.

Arsitektur adalah proses perencanaan dan pemikiran yang di kerjakan secara sadar oleh manusia atau seseorang untuk mewujudkan sebuah bangunan atau pun rumah tinggal. Arsitektur terletak pada seni dan teknologi yang saling melengkapi satu sama lain nya, sehingga kita dapat menyadari bahwa arsitektur tidak pernah lepas dari nilai dan unsur seni yang ada.

 

 Koleksi Gambar Rumah

 

Nilai Estetika

Nilai estetika sangat erat dan tak pernah lepas kaitan nya dari perbincangan tentang budaya. Estetika merupakan sebuah nyawa dari suatu bentuk karya. Dalam hal karya arsitektur, kita akan membahas bagaimana masyarakat menilai sebuah estetika itu sendiri.

Nilai keindahan sebenarnya tidak memiliki tolak ukur tertentu dan bebas dari segala rumusan, namun pada sebuah bangunan, estetika akan tampak pada keharmonisan yang di terapkan dalam desain dan gaya tertentu dari bangunan itu sendiri. Adanya beberapa aspek seperti keindahan  dan proporsi, kesenangan dengan adanya korelasi yang positif  tentang arti efisiensi dan kenyamanan, ketertarikan yang mengedepankan aspek selera. Unsur seni dan estetika pada sebuah bangunan tidak hanya terlihat pada ornamen dan keragaman hiasan serta aksesoris yang terpasang, namun juga akan nampak jelas pada desain yang ada pada bangunan tersebut. Estetika akan terus berkembang dan berevolusi seiring dengan tren dan permintaan yang ada di masyarakat. Hal ini yang akan membuat banyak desain arsitektur berkembang pesat dan berproses sesuai dengan zamannya.

 

 JagoProyek JagoDesain

 

Nilai Filosofi

Sebuah bangunan rumah adalah suatu penerapan dari unsur unsur filosofi yang di anut oleh seseorang dan di terapkan dalam sebuah ornamen atau desain sebuah bangunan. Pada rumah tradisional biasanya sangat kental dengan unsur filosofi. Rumah tradisional sangat mengandung unsur filosofi karena unsur ornamen aksesoris  serta desain desain yang memiliki karakteristik dan simbol simbol tertentu. Beragam ornamen hias akan mewakili unsur filosofi tertentu dari keragaman budaya tersebut, seperti halnya ukiran yang tertera pada dinding bangunan ornamen yang terpampang pada desain rumah tersebut biasanya mewakili sebuah legenda dan suatu kebudayaan yang mengandung makna filosofi lainnya.

Demikian unsur yang terdapat dalam bangunan rumah, semoga bermanfaat dan menjadikan rumah idaman anda sebagai rumah yang memiliki nilai estetika dan filosofi serta nilai moral yang indah!

 

Arsitekonline Menawarkan Paket Desain Rumah Siap Bangun lengkap dengan Gambar 3D dan Rencana Anggaran Biaya nya. Proses desain dikerjakan secara ONLINE, artinya selama proses desain, komunikasi dilakukan via Telpon / SMS / WhatsAPP 0818182610

Ingin tau lebih banyak lagi tentang arsitek dan desain bangunan lebih dalam?? Mari tengok informasinya di website kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *